Cara Bayar Pajak Motor 2018 Jakarta Barat

 

Pajak Motor
Sudahkah anda bayar pajak hari ini ?

 

Sudah bayar pajak motor belum ?

Sudah tahu bagaimana bayarnya ?
Sulit gak sih bayar pajak motor ?
Apa saja yang harus disiapkan ?
Sudah tahu dimana bayar pajak motor kamu ?

Berhubung saya berdomisili di Jakarta Barat, jalanlah saya ke Samsat Cengkareng.

Yg bisa baca peta, bisa lihat maps dibawah ini..

 

Motor Ibu Negara dirumah, ulang tahun tgl 21 April, saya bayar hari ini, jadi telat 5 hari. [Postingan dibuat tgl 26 April dan belum di posting hingga hari ini tgl 29 Agustus 2018. Hiks..]
Tahu dong kalo telat bayar kena denda. Tahu dendanya berapa ?

12 Ribu rupiah saja. [Rp 12.000]
Ya jelas, cuma 5 hari.. Coba hitungan bulan atau tahun.
Hmm.. Mau tahu total pembayaran dan denda pajak motor kamu ?

Cek ke sini.
http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki/

Masukkan nomor polisi kamu, dan nik [nomor induk kependudukan] alias nomor ktp elektrik dari nama yg tertera di stnk.
Nanti bakal kelihatan total biaya yang dikeluarkan untuk bayar pajak, plus denda kalau ada.
Dan total yg kamu lihat itu adalah total yg kamu bayar..

Mantap kann ?!?!

Langkah-langkah bayar pajak motor.

1. Berhubung saya lupa fotocopy, saya jalan ke ujung dekat loket gesek rangka, untuk fotocopy. Tinggal bilang “Bayar Stnk / Pajak Motor”, dia tahu yang harus difotocopy dan jumlahnya..

Siapkan saja ktp asli atas nama stnk, stnk asli dan bpkb asli..

2. Sesudah di fotocopy, masuk pintu utama, langsung menuju ke loket paling kiri, bilang mau bayar pajak motor. Nanti akan diberi formulir untuk diisi sesuai stnk, nopol, atas nama, alamat, merk motor, tahun pembuatan dan perakitan, no rangka dan no mesin.
Jangan lupa tanda tangan dibelakang formulir.

3. Naik ke lantai 2, dan menyerahkan berkas fotokopi tadi diloket pendaftaran paling kiri.. Biasanya akan diminta ktp kamu dan ditanyakan hubungan dengan nama di stnk. Bilang saja kakak, adik atau keluarga. Dalam hal ini, saya sedang bayar pajak motor punya Ibu Negara [hehe].
Tunggu panggilan…

4. Setelah dipanggil, geser ke loket pembayaran dan bayar pajak motor sesuai yang kamu lihat di surat pajak [biasanya sesuai dengan yang kamu lihat di website tadi], dan ambil bukti bayar.
Tunggu panggilan lagi..

5. Setelah dipanggil, nanti ditanyakan lagi hubungan dengan nama stnk.
Tukar bukti bayar dengan tanda bukti bayar pajak yang warna coklat itu tuh..

Kelar deh..

Tahu total waktu yg dibutuh kan ?
Ga sampe 15 menit..

Kok bisa ya ?

Triknya, usahakan datang jam 8..
Maksimal pukul 8.30, karena setelah saya, mulai banyak yang datang sampai antri di loket pendaftaran [Langkah ke 3].
Gampangkan ?

Tahun depan, saya akan coba bayar via eSamsat. Itu juga kalo uda punya rek Bank DKI atas nama stnk.
Tahu sendiri bikin rekening bank sekarang agak sulit..
Sampai ketemu lagi di tutor selanjutnya..

%d bloggers like this: